Selasa, 15 Mei 2012

Menginstall Debian 6 pada Virtual Box (Part 1)

Terkadang kita ingin untuk menguasai beberapa operating system atau aplikasi yang berjalan di beberapa operating system berbeda. Namun apakah kita harus memiliki banyak PC atau laptop, lalu kita install OS yang berbeda2, jawabannya adalah tidak perlu. Kita cukup menginstall Oracle Virtual Box di laptop atau PC kesayangan kita satu-satunya.


Setelah kita berhasil menginstall Virtual Box, maka langkah selanjutnya adalah kita menginstall berbagai macam Operating System di atas Virtual Box yang telah kita install. Berikut ini uraian langkah demi langkah untuk melakukan instalasi Operating System Linux Debian 6 di atas Virtual Box.


  1. Jalankan VirutalBox. Sebelum melakukan instalasi Debian 6 di Virutal Box, maka terlebih dahulu kita harus mengaktifkan Virual Box dengan cara klik 2x icon Virtual Box yang terdapat di desktop. Setelah aktif, akan muncul layar pertama kali seperti berikut :
  2. Tekan tombol New atau dari menu File pilih New, maka akan  muncul jendela pembuatan Virtual Mesin baru dengan menggunakan wizard mode. Langsung saja tekan tombol Next :
  3. Selanjutnya akan muncul jendela baru yang meminta kita untuk memasukkan nama VM dan juga tipe dari Sistem Operasi yang akan kita gunakan di Virtual Box. Dalam hal ini nama VM saya tuliskan KVM_Debian dan Operating System Linux dengan Version nya adalah Debian. Hal ini dikarenakan memang saya akan menginstall Linux Debian versi 6 di virtual box.
  4. Setelah kita tekan tombol next maka selanjutnya akan muncul jendela yang meminta kita untuk mengatur ukuran memory yang akan digunakan di Virtual Box. Rekomendasi yang diberikan untuk base memory nya adalah 384 MB. Namun untuk kali ini, saya membuat nya menjadi 512 MB.
  5. Tekan tombol next kembali, untuk melanjutkan pembuatan virtual mesin baru kita. Akan muncul jendela baru yang meminta kita untuk menentukan virtual harddisk yang akan digunakan sebagai virtual mesin. Ukuran yang direkomendasikan oleh virtual box adalah 8 GB. Untuk kali ini saya tidak merubah settingan apapun. Centang untuk checkbox Start up disk, dan pilih create new harddisk.
  6. Setelah menekan tombol next, maka muncul jendela baru untuk pembuatan virtual disk secara wizard, kita bisa memilih VirtualBox Disk Image.
  7. Step selanjutnya akan muncul jendela virtual disk storage details. DI jendela ini kita bisa memilih fixed size lalu melanjutkan dengan menekan tombol next.
  8. Langkah selanjutnya, pada, jendela Create New Virtual Disk, kita diminta untuk lokasi dan size dari storage virtual mesin yang akan kita buat, dalam hal ini secara fisik berupa file dengan nama KVM_debian.vdi
  9. Berikutnya, setelah kita menekan tombol Next, maka sampai di sini Virtual Box telah berhasil membuat Virtual Disk baru.
  10. Langkah selanjutnya adalah bagaimana untuk melakukan setting pada virtual disk yang baru saja kita buat dan kemudilan melakukan instalasi Debian 6. Anda masih penasaran, pembahasan mengenai hal tersebut akan bisa and abaca pada artikel Menginstall Debian 6 pada Virtual Box  Part 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar